Sekda Buka Pembentukan Kabupaten Layak Anak di Kab. Bolmong

BOLMONG – Pembentukan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2019 resmi dibuka oleh Sekda Bolmong Tahlis Gallang, Selasa (26/2/2019), di Pantai Losari Desa Lolak, Kecamatan Lolak.

Kegiatan ini diprakasai oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPdan PA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Dinas PP dan PA Kabupaten Bolmong.

Sekda dalam sambutannya menjelaskan, yang dimaksud kabupaten layak anak adalah kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Itu adalah garis besar dari terbentuknya Kabupaten Layak Anak. Sementara untuk tujuan dari kabupaten layak anak ini secara umumnya untuk memenuhi hak dan melindungi anak dan secara khusus untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten yang mengarah pada upaya transformasi konvensi hak anak dari kerangka hukum kedalam definisi, strategi dan interfensi pembangunan dalam bentuk: program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak (PHPA) pada wilayah Kabupaten/kota,” terang sekda.

Sementara itu, Kadis DP3A Sulut melalui Kabid Perlindungan Khusus dan Pemenuhan Hak Anak, Everdien Kalesaran mengatakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) merupakan sistem pembangunan yang berbasis pada pemenuhan hak dan perlindungan anak. Pembentukan KLA adalah upaya guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap anak yang ada di Sulut salah satunya di Kabupaten Bolmong ini.

“Kami berharap Kabupaten Bolmong dapat segera menyusul daerah lain di Sulut yang menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal ini dapat terwujud diantaranya dari komitmen, kerja sama dan dukungan semua pihak yaitu pemerintah, masyarakat dunia usaha dan media serta keluarga yang ada di Kabupaten Bolmong ini,” harapnya.

Disisi lain, Kadis Dinas PP dan PA Bolmong Farida Mooduto mengatakan, Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bolmong sementara ini tengah dipersiapkan agar supaya Kabupaten Bolmong tidak akan kalah atau terkebelakang dengan kabupaten/kota lain yang ada di Sulut.

“Tahun 2019 ini oleh Dinas PP dan PA Provinsi Sulut sangat berharap Kabupaten Bolmong adalah salah satu kabupaten yang nantinya akan menjadi kabupaten layak anak serta menambah lagi satu daerah untuk mewujudkan Provinsi Sulut menjadi provinsi layak anak di Indonesia. Sampai saat ini di Sulut sudah ada enam kabupaten/kota yang mendapat predikat Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadi sebuah komitmen bersama dalam mewujud nyatakan daerah Bolmong untuk menjadi Kabupaten Layak Anak,” tutup Farida. (*)

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *